RSS

Grand Canyon 2015

07 Apr

Grand Canyon adalah daya tarik utama Arizona, negara bagian Amerika yang mempunyai karakter unik iklim gurunnya. Pernah menjadi salah satu dari seven wonders of the World, Grand Canyon memperlihatkan kebesaran Penciptanya, luar biasa.  Ia menyimpan sejuta inspirasi. Bagi penyair-penyair, Grand Canyon adalah jurang yang tepat untuk melompat ke kedalaman impresi. Bagi kita semua, Grand Canyon adalah lukisan kebesaran Allah. Sesunyi jurang raksasa itu, tak ada kata-kata yang mampu terucap saat mata ini menyapu luas dan dalamnya jurang-jurangnya, sunyi, speechless.

Grand Canyon

Dimulai sejak 70 juta tahun yang lalu, Grand Canyon menjadi satu-satunya grand canyon di dunia. Bebatuannya sendiri jauh lebih tua dibandingkan usia Grand Canyon itu. Kalibab limestone, yang berada di bagian-bagian pinggir Grand Canyon, terbentuk 270 tahun yang lalu. Dan yang paling tua, di Inner George, bagian dasar Grand Canyon, usianya bisa mencapai 1840 tahun. Bandingkan dengan usia pembentukan bumi, 4550 tahun. Dengan kedalaman mencapai 4600 kaki (1400m), sepanjang 270 mil kita bisa menemukan lukisan alam yang sangat indah terbingkai di kamera-kamera kita. Dari bagian selatan hingga utara Grand canyon, kita disuguhi pemandangan yang incredible. Bahkan hanya menyusuri pinggiran atasnya saja 1 hari rasanya tidak cukup, apalagi untuk mengeksplor bagian bawah Grand Canyon. Untuk turun ke bawah kita bisa hiking atau menaiki mule (bukan kuda bukan keledai, di antara kedua binatang itu) Velcro-footed mule dan dipandu oleh muleteer professional. Di dasar Grand Canyon kita bisa melihat lebih banyak ke-incredible-an Grand Canyon, seperti sungai California yang merupakan bagian terpenting dari terbentuknya Grand Canyon, tanpa sungai yang sangat tua di lingkungan gurun itu, Grand Canyon tidak akan pernah terbentuk.

Sedang untuk menyusuri bagian atas Grand Canyon, kita juga bisa hiking. Atau jika ingin berpindah dari satu sudut ke sudut lain, disediakan juga shuttle gratis dan supir yang sekaligus juga pemandu. Dari South Rim, kita bisa menyambangi beberapa Visitor Centre dimana terdapat book store yang menyediakan buku-buku tentang Grand Canyon dan hasil karya penulis yang terinspirasi dengan keindahan Grand Canyon. selain itu tentu juga ada pusat-pusat informasi mengenai bagaimana Grand Canyon terbentuk, dan segala hal tentang Grand Canyon.

sunset di Grand Canyon

Kecantikan Grand Canyon terlihat jelas dari sudut-sudut atasnya. Apalagi di waktu sunset dan sunrise, benar-benar menginspirasi. Bebatuan raksasa yang terpampang di setiap sudutnya, dan jurang-jurang yang dalamnya bisa mencapai 1400 kaki, benar-benar membuat kita tidak bisa berkata apa-apa kecuali subhanallah.

skywalk

Masih banyak lagi hal-hal yang menarik untuk dieksplor dari Grand canyon, Grand Canyon skywalk, go where only the eagles dare to fly. Kehidupan suku asli Amerika, komunitas Indian hidup di sekitar Grand Canyon dan tetap mengembangkan kebudayaan serta tradisi mereka. Kebanyakan dari komunitas tersebut bahkan sangat welcome kepada pengunjung yang ingin mempelajari kebudayaan mereka.

Sebenarnya, Grand Canyon bukanlah jurang yang paling dalam di dunia, kedalamannya yang hanya 1600 meter hanya setengah Colca Canyon (3200 meter) dan Cotahuasi Canyon (3535 m) di Peru. Grand Canyon menjadi lebih terkenal karena keunikan strukturnya, warna-warni lanskapnya dan sejarah terbentuknya. That’s why pengunjungnya setiap tahun bisa mencapai jutaan.

*betewe eniwe baswe, nih tulisan serius amat yak!😀

Paling Terkenal
Sebenarnya, jurang paling dalam di dunia bukanlah Grand Canyon yang ‘cuma’ berkedalaman 1600 meter. Ada beberapa jurang sangat dalam lainnya. Seperti, Colca Canyon (3200 m) dan Cotahuasi Canyon (3535 m), keduanya di Peru. Namun, yang membuat Grand Canyon terkenal adalah keunikan strukturnya, warna warni lanskapnya dan sejarah bumi yang terkandung di dalamnya. Itulah sebabnya, kenapa Grand Canyon yang memiliki panjang 446 km dan lebar 6-29 km ini, dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahun. Menjadikan Grand Canyon sebagai salah satu objek wisata paling terkenal di dunia. Konon, jumlah wisatawan yang mengunjungi Grand Canyon setiap tahunnya di atas 5 juta orang.
 
Leave a comment

Posted by on April 7, 2011 in Wonders of the World

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: